Kalibrasi Timbangan Digital : Kunci Akurasi Penimbangan

16/05/2024by adminspin0

Kalibrasi Timbangan Digital

Kalibrasi Timbangan Digital – Selamat datang sahabat SPIN semuanya Semoga semua dalam keadaan sehat, kali ini kita akan membahas istilah yang berkaitan dengan laboratorium namun bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari kita. Yuk simak penjelasannya di bawah.

Pentingnya Kalibrasi Timbangan Digital

Dalam kehidupan sehari-hari kita biasanya menggunakan banyak sekali alat ukur, baik itu untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan usaha. Salah satu alat ukur yang sering kita gunakan adalah timbangan atau neraca, kita sering melihat penggunaan timbangan atau neraca ini pada transaksi jual beli, selain jual beli timbangan atau neraca ini banyak juga digunakan di tempat pemeriksaan kesehatan seperti klinik, Puskesmas atau bahkan rumah sakit. Selain itu juga timbangan atau neraca biasa digunakan dalam proses industri dan laboratorium penelitian.

Dulu kita sering menggunakan timbangan analog, namun semakin berkembangnya zaman sekarang banyak digunakan timbangan digital, timbangan digital memungkinkan melakukan pembacaan yang lebih detail dan akurat. Banyak sekali timbangan digital yang biasa digunakan sehari-hari, mulai dari timbangan digital ritel yang biasa digunakan di pasar atau supermarket, timbangan digital badan untuk dewasa, timbangan digital bayi, timbangan digital analitik yang digunakan di laboratorium sampai timbangan digital untuk mengukur beban pada kendaraan besar / truk. Namun pernahkah Anda mendengar istilah kalibrasi, semua alat ukur tidak terkecuali timbangan digital sebaiknya dikalibrasi terlebih dahulu sebelum digunakan, bahkan harus dilakukan kalibrasi timbangan digital secara berkala sesuai dengan frekuensi penggunaannya.

Secara umum kalibrasi adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen pengukur dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu. Jadi kalibrasi timbangan digital adalah proses membandingkan antara alat ukur timbangan digital yang kita gunakan dengan standar alat ukur yang sudah diketahui nilainya atau disebut dengan kalibrator, untuk melakukan kalibrasi ini tidak bisa sembarangan, kalibrasi hanya bisa dilakukan oleh suatu badan atau lembaga yang sudah diakui kompetensinya.  Selain itu Kalibrasi timbangan digital adalah langkah penting untuk memastikan akurasi alat ukur yang kita gunakan sehari-hari. Proses ini melibatkan penyesuaian timbangan agar hasil pengukurannya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan mengacu kepada standar internasional (SI).

Jenis-jenis Kalibrasi di Indonesia

Selain membandingkan alat ukur dengan alat ukur lainnya yang mempunyai standar lebih tinggi kelasnya, kalibrasi juga bisa dilakukan dengan menggunakan material acuan/standar bersertifikat atau biasa disebut dengan CRM (certified reference material). Hal ini bisa dilakukan salah satunya untuk alat ukur pH meter yang menggunakan cairan berstandar (nilai pH nya sudah diketahui)

Adapun jenis-jenis kalibrasi di Indonesia diantaranya adalah :

  1. Kalibrasi untuk Metrologi teknis, kalibrasi ini dilakukan terhadap alat ukur yang tidak digunakan untuk transaksi jual beli, diantaranya adalah :
    a. Alat alat ukur di industri seperti timbangan digital, pressure gauge (tekanan), alat ukur dimensi, alat ukur kelistrikan, alat ukur suhu dan lain lain.
    b. Alat alat ukur pada Laboratorium pengujian, seperti timbangan digital, alat ukur suhu, alat ukur pH meter, alat ukur density dan lain lain
    c. Alat-alat ukur kesehatan yang digunakan di puskesmas, klinik, laboratorium kesehatan bahkan di rumah sakit, seperti timbangan digital untuk bayi, tensimeter, termometer tubuh, alat pengecek kandungan dalam darah dan lain sebagainya

Kalibrasi alat alat ukur di atas harus dilakukan oleh  laboratorium yang telah terakreditasi oleh komite Akreditasi Nasional  (KAN – BSN). Untuk mendapatkan akreditasi laboratorium maka pihak laboratorium harus menerapkan standar ISO / IEC 17025 versi 2017. Bahkan untuk alat ukur kesehatan harus ada ijin dari kementrian kesehatan.

2. Kalibrasi untuk Metrologi legal atau biasa disebut dengan peneraan, Peneraan dilakukan untuk alat ukur yang digunakan untuk transaksi jual beli, seperti timbangan digital di pasar, warung warung kecil, minimarket, supermarket dan pom bensin. Peneraan alat ukur ini dilaksanakan oleh Direktorat Metrologi (Dirmet) Departemen Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia.

  1. Kalibrasi untuk Metrologi nuklir, kalibrasi ini diperuntukkan bagi alat ukur, alat uji, diagnosa dan terapi nuklir, yang dilakukan oleh badan tenaga nuklir nasional (BATAN)

Baca Juga : Kalibrasi Timbangan Bayi

Kalibrasi: Menjaga Keakuratan Timbangan Digital

Kalibrasi timbangan digital sangat penting dilakukan secara berkala, hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas hasil penimbangan, sehingga hasil penimbangan dapat dipertanggungjawabkan. Jika kalibrasi timbangan digital tidak dilakukan akan terjadi kesalahan penimbangan yang selanjutnya bisa berakibat fatal pada hasil penimbangan, apalagi jika kita menggunakan timbangan digital analitik yang biasa digunakan di laboratorium atau rumah sakit atau farmasi, terjadi sedikit kesalahan penimbangan bisa berdampak buruk pada kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian jika ada racikan obat yang tidak sesuai dikarenakan timbangan digital yang tidak akurat. Setiap pengguna timbangan digital wajib melakukan pengecekan secara berkala, sehingga bisa memperkirakan Kapan timbangan digital tersebut harus segera dikalibrasi.

Berikut adalah Jenis – jenis Timbangan Digital:

1. Timbangan Digital Ritel

kalibrasi timbangan digital

2. Timbangan Digital Badan

kalibrasi timbangan digital

3. Timbangan Digital Dapur

4. Timbangan Digital Analityk

kalibrasi timbangan digital

5. Timbangan Digital Industri

Kalibrasi Timbangan Digital

6. Timbangan Digital Hewan

kalibrasi Timbingan Digital Hewan

7. Timbangan Digital Emas

kalibrasi Timbingan Digital

8. Timbangan Digital Bayi

 

Hasil dari proses kalibrasi timbangan digital adalah berupa sertifikat hasil kalibrasi, di mana di dalam sertifikat atau laporan hasil kalibrasi tersebut akan ditampilkan hasil Nama dan alamat laboratorium yang melakukan kalibrasi, identifikasi unik dari sertifikat kalibrasi, Nama dan alamat pelanggan (pemilik alat yang dikalibrasi), perhitungan kalibrasi berikut satuan pengukurannya, metode kalibrasi yang digunakan, ketelusuran pengukuran, estimasi ketidakpastian hasil kalibrasi dan hal-hal lain yang penting serta relevan

Tidak ada pengukuran tanpa kesalahan, setiap alat ukur harus dianggap tidak cukup baik sampai terbukti melalui proses kalibrasi bahwa alat ukur tersebut memang layak digunakan. Untuk melakukan kalibrasi timbangan digital Anda harus mencari laboratorium kalibrasi timbangan digital yang sudah terakreditasi oleh komite Akreditasi Nasional, pastikan akreditasi laboratorium tersebut masih berlaku untuk ruang lingkup kalibrasi timbangan digital.

 

Layanan Pelatihan dan Kalibrasi Timbangan

Kami laboratorium kalibrasi SPIN (PT. Sinergi Pro inovasi ) Bandung merupakan laboratorium kalibrasi yang terakreditasi oleh komite Akreditasi Nasional dengan nomor registrasi LK- 395-IDN, berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam bidang kalibrasi, salah satu ruang lingkupnya adalah kalibrasi timbangan digital, mulai dari timbangan digital analitik sampai timbangan dengan beban maksiman 200 kg (dua ratus kilogram). Selain kalibrasi timbangan digital Laboratorium Kalibrasi SPIN juga melayani ruang lingkup kalibrasi pH meter dan kalibrasi pressure gauge (tekanan). Untuk mendapatkan informasi terkait kalibrasi timbangan digital secara lengkap silakan Anda dapat menghubungi kami pada nomor whatsApp atau email atau alamat website di bawah

 

0813-9438-9300

kalibrasi@spinsinergi.com

www.laboratoriumkalibrasispin.co.id

 

 

Selain kalibrasi timbangan digital, PT. Sinergi Pro Inovasi juga melayani berbagai pelatihan kalibrasi, seperti kalibrasi timbangan digital, kalibrasi suhu, kalibrasi pressure gauge (tekanan) kalibrasi dimensi, kalibrasi flowmeter, kalibrasi pH meter, pelatihan tema laboratorium berdasarkan standar ISO/IEC 17025 versi 2017. Juga melayani konsultasi Laboratorium untuk mendapatkan akreditasi ISO/IEC 17025 versi 2017, mulai dari penyusunan dokumen ISO/IEC 17025 versi 2017, penerapaannya di laboratorium sampai internal audit ISO 17025 versi 2017.

 

Untuk training dan konsultasi dapat menghubungi

Kurniawan Hidayat di no whatsApp : 0813-2117-0714

Destia Marsha di no whatsApp : 0813-2145-5501

 

 

Dapatkan penawaran terbaik dari laboratorium kalibrasi SPIN dengan menghubungi kami sekarang juga

adminspin


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


PT SInergi Pro Inovasi

LABORATORIUM
KALIBRASI

Sampaikan kepada Kami apa yang Anda butuhkan, Kami siap melayani
0813-9438-9300

www.laboratoriumkalibrasispin.co.id

kalibrasi@spinsinergi.com